Soal Proposal Kerja Praktek (KP full)

 Semester 7 akhir.

Buat mahasiswa UBK (Universitas Bung Karno) Jakarta, semester 7 akhir itu ada yang namanya "kegiatan menganalisis pekerjaan" dan "menyusun laporan kerja praktek (KP)". Banyak cerita yang mungkin bakal saya sampaikan melalui post blog kali ini. Sejak dimulai per Bulan November 2020 lalu, KP merupakan momok yang gak kebayang dipikiran saya. Padahal jauh-jauh hari waktu semester 4, saya sudah diingetin sama keting (kaka tingkat) soal penyusunan laporan ini.


Karena situasi pembelajaran yang dibarengi pandemi jadi agak kurang aktif di kampus lagi. Saya lebih banyak melakukan sesuatu lewat chat WA/video grup. Tapi itu pun, kalau direspon dosennya hehe. Tapi, btw Alhamdulillah saya dapet dospem KP Bu Fauziyah. Tenang deh hehe :)

Soal pembagian dospem KP, saya cuman berharap bisa dikasih dospem kaya Pak Joseph atau Bu Fau. Menurut saya, gak ada salahnya minta atau berdo'a sesuai harapan yang saya mau kan. 😎😎

Waktu pengumpulan BAB 1 KP yang saya kira udah telat, eh nyatanya saya, dan 3 teman lainnya termasuk kloter pertama yang mengumpulkan. Kalau gak salah, hari senin saya bela-belain izin pulang kerja jam 2 siang. Cuman buat anterin BAB 1 KP ke kampus bareng temen. Disana, kumpulan BAB 1 diterima oleh Pak Alex. 

"Oh baru kita berempat yang ngumpulin, mudah-mudahan bisa dapet dospem Pak Jo atau Bu Fau.." bisik serius saya dalam hari.👻👻

Kemudian, esok harinya Bu Fau WA menanyakan kembali perihal judul KP yang saya ajukan yaitu "Sistem Informasi Reminder Wakif UKM pada Badan Wakaf Al Qur'an". Bu Fau memastikan kembali kata "Wakif" apakah maksudnya "Wakaf" atau bukan. Saya menjelaskan bahwa Wakif adalah yang saya ajukan. Bu Fau menambahkan, 

"Gak apa-apa selagi ada di KBBI ya.." timpalnya.

Dan aku melanjutkan membaca BAB 2 dan seterusnya di dokumen lama kaka tingkat untuk memahami alur demi alur susunan laporan KP nya.

Aku sempet cerita ke temen sekelas 

"tadi Bu Fau WA aku, soal judul KP yang gw ajuin. Menurut luh gimana?" gw minta pendapat ke dia. Katanya, "Serius, kayaknya Bu Fau bakal ambil judul kamu dan jadi dospem KP deh". 


Jawaban dia banyak melegakan penantian dospem yang saya tunggu. Sebelumnya temen saya yang namanya Dwi udah kasih bocoran kalau saya dapet dospem Pak Jo. Ah udah seneng juga info barusan, tapi oh tapi, Dwi salah baca hehhe. Dasar Dwi. 

Akhirnya SK (Surat Keputusan) pembimbing KP diambilin sama Dwi, kita ketemuan di warung roti bakar sambil cerita ngalor ngidul menyusun strategi KP. Kebetulan Dwi sama Pak Jo, dan saya sama Bu Fau. 

Hari berlanjut dengan proses bimbingan BAB demi BAB. Saya dimasukan ke grup bimbingan sama Bu Fau. Mengirikan BAB 1 terlebih dahulu ke Classroom yang sudah dibuat beliau. Oh iya, sembari saya berjalan mengirim BAB, saya juga bertanya-tanya 

"Heemm, sekelas yang bareng ama gw bimbingan Bu Fau siapa ya".. agak sepi juga kalau sendirian.

Dan ternyata, pas akhir-akhir penutupan SK BAB 1, munculah nama Danu. Ohhhalah sama si bang Danu wkwkwk. Seru nih pasti... kataku ngebatin.

Dan yah.. seru banget ngerjain KP. Awalnya aja yang bikin pusing karena belum tau alurnya. Tapi lama-kelamaan bahkan setelah dibawa sidang gw bisa ngomong 

"Oh kaya gini KP itu, ternyata gak sesulit yang gw bayangin pas diawal. Walaupun ada diawal gw sempet lembur-lemburan ampe kurang tidur. Tapi gw bangga sama diri sendiri karena usaha yang gw keluarin bener-bener hasil usaha dari ketekunan dan tetep usaha gak berenti gitu aja apalagi pasrah."

 Modal tanya kesana kemari, ke kakak tingkat gak berenti-berenti karena maklum dospem hanya memberikan revisi seperlunya sementara yang benarnya kita pecahkan sendiri.

 

 


 BAB 1 gak terlalu banyak kendala, karena semua hampir 80% sama dari segi bahasa dan penulisan. Dan, akhirnya ini ACC pertama diimbingan KP😍😍 (ACC BAB 1)

 

BAB 2 lumayan banyak teori yang saya masukan. Bahkan BAB 2 ini menguji cara kemampuan kepenulisan seorang SAYA. Saya memang dari SD suka memperhatikan bentuk penggunaan huruf, kata bahkan sekedar untuk menulis nama orang wajib huruf Kapital di awalnya. Sudah kukatakan, ini kebiasaan sejak SD kalau mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena saya pun sering dikritik kalau ikut pelajaran ini. Jadinya kesalahan yang dikritik itu, kebawa sampai sekarang agar jangan diulangi. Bukankah guru memang harusnya digugu dan ditiru kan hehe.😉😉 Tapi akhirnya (ACC BAB 2 juga)

 

 

 



Bagian tersulit dan banyak menantangnya adalah di BAB 3, di BAB ini kalian bakal ketemu yang namanya DFD lecel-levelan, ERD dan lainnya. Bahkan mata ampe babak belur buat narik garis per garis agar gak saling bertabrakan. BAB 3 ini, saya harus bimbingan langsung face to face bareng dospem. Berawal dari bimbingan langsung inilah, ERD saya dibantu dospem, diarahkan dan dikasih tau bagaimana pengerjaannya. Jujur, dospem bakalan kasih kita jalan keluar soal hal-hal sulit kalau kitanya juga mau nanya, mau usaha dan mau terus konsisten ngerjain laporan. Saya yakin dospem selalu terbuka buat nyari kesalahan supaya kita tau gimana benernya. Thanks so much buat Bu Fau untuk bimbingan BAB 3 nya ya Bu.

 


 

Ngerjain BAB 3 sampai dilakukan dibeberapa tempat, Indah Home, Yazid Home, Danu Home. Semuanya hampir dikerjaan dibanyak rumah temen dan disamping itu, kita juga saling sharing. Serius deh, hasil dari rutin ngerjain proposal KP ini saya khususnya bisa lebih tau apa itu DFD dan alur-alurnya. Gak ada yang sia-sia, emang ilmu harus dipaksain biar kita gak mager kan.

 

KP ini, saya ngerjain di KRL setiap berangkat kerja, saya sempetin waktu yang ada buat nabung halaman demi halaman. Gak kelewat juga jam istirahat kerja, saya gunakan buat ngerjain di kantor. Buat saya ini adalah kenangan yang berharga, yang gak biasa saya kerjakan dan ini sedang saya latih untuk terbiasa memanfaatkan waktu semepetnya untuk menghasilakan sebaik-baiknya. Usaha yang terpenting tidak menyerah, apalagi kalah.

November akhir BAB 2 saya di ACC, sidang akan dilaksanakan dibulan Februari akhir. Kata salah seorang temenku, 

"kamu cepet banget ngerjain laporan KP nya Lis.."

Tersisa bulan Desember, 1 bulan sudah lebih dari cukup  buat ngerjain BAB 3. Tapi amat disayangkan, karena aku yang gak bisa bagi waktu dan ngepush keinginan buat selesain BAB 3, akhirnya terbengkalai dan ditabrak sama libur panjang pula. Akhirnya BAB 3 saya dikejar di bulan Januari, sampai akhirnya saya pernah merasa #menyesal. Kenapa 1 bulan terbuang sia-sia tanpa memahami BAB 3. Tapi Januari harus bener-bener full ngeluarin tenaga dan pikiran. Setiap habis pulang kerja bablas ngerjain di rumah temen, pulang larut malem. Begitu terus sampai 1 minggu rutin. 

 

Finally, tanggal 28 Januari BAB 3-4 sekaligus di ACC dospem. Alhamdulillah, Amazziiinggg... Wowww saya berhasil menargetkan diri sendiri untuk bisa lebih up soal KP ini. Saya sering bilang ke hati, 

"Luh harus bisa menjadi orang yang lebih dulu melakukan banyak hal, dibandingkan temen-temen yang lain. Jangan anggap sepele waktu. Jangan juga anggap semua harus bareng-bareng mengatur waktu. Kamu harus menuntaskan target, kalau kamu bisa lebih awal selesai sehingga bisa bantu temen-temenmu yg belum"

 Selalu, saya selalu memotivasi diri sendiri dengan kalimat-kalimat itu. 


Satu hal, saya bukan orang jenis yang tanpa belajar langsung bisa. Jujur, saya orang yang gak tau banyak hal, bahkan mungkin hal-hal ringan pun saya gak tau kalau saya gak belajar dengan giat dan tekun. Serius, kalau banyak orang bisa memahami dengan cepat, saya tipikal orang yang lambat buat ngerti sesuatu. Dari pemahaman soal ini, saya jadi paham salah satu cara buat menghargai semua kekurangan adalah dengan memanfaatkan waktu dan mencoba lebih keras lagi agar bisa lebih dari pada orang-orang yang bisa lainnya.


 

Sidang perdana pun saya menjadi pioner untuk maju. Keringet dingin dan deg-degan udah campur aduk. Please Lilis, semua pasti ada waktunya. Kamu sekarang berdiri, orang lain pun sama akan berdiri pula. Jadi ini luar biasa, nyari dosen penguji sampai ke Sudirman, sampai ke Depok dan sampai motor Dwi dicuri orang pagi-pagi. 



Dosen-dosen muda itu seru, bahkan seperti teman yang ngasih arahan. Pak Jo, Pak Samuel, Bu Fau thanks so much udah jadi penguji dan dosen yang ngebimbing kita-kita. Bagi saya mereka adalah orang yang patut dikasih jempol. Pengalaman sidang KP yang seru.. !!!👋👏👏👏👏😍

Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan