Es Cincau Belajar dari... (1)


 

Kali ini aku mau belajar membuat es cincau buatan tangan sendiri. For your information keinginan buat minum cincau ini udah lama saya planning. Yah, buat minum aja saya planning-in apalagi masa depan hehe.😂😂

Nah, daunnya dapet langsung dari Ibu di kampung, disuruh buat aku bawa ke Jakarta untuk diolah disana. Karena mepet kalau dibuat dikampung sementara sore udah berangkat lagi ke Ibu kota. Jadi aku “iya-in” aja permintaan Ibu. Dan tralaaaaa. Ini hasilnya.


Walaupun kurang ijo banget dan belum terlalu jadi, tapi gapapa setidaknya aku belajar buat ngatur waktu masak di pagi hari sebelum berangkat kerja


Rabu, 5 Agustus 2020.

Sehabis shalat subuh, aku ke pasar deket kos-kosan. Tujuan utama aku, udah dimantepin buat nyari tukang kelapa plus di parut sekalian. Jadi kan aku tinggal meres rendeman kelapa serut ke air biar jadi santen, pikirku. Udah nemu nih tukang jualannya. Masih rame, pas awal datang. Ya aku tinggal dulu nyari bahan makanan yang lainnya. Barulah pas mau arah balik kos, aku samperin abang yang jualan.

“Bang, paling murah berapa harga. Aku mau sedikit aja.”

“4 ribu neng.”

“Dikit aja kok bang, 3 ribu aja yah.” Aku belajar nawar hehe.😋😋

 

“OK” kata si abangnya. 

Mulailah kelapa dengan harga segitu dimasukan ke mesin parut. 

Dan..😎😎

Pas aku liat kok ada air santen di pojokan. Aku Tanya lagi kan, “Bang itu air santan kelapanya yah, dijual gak?”
“Iya neng, itu disamping ada.”

Aku buru-buru ngoper mata ke samping kiri. Lah iyah, ada yang udah dikemas pake plastik. Tinggal masak aja. Waduh, kenapa baru liat aku. Mana udah diserut lagi (agak ngedumel dalam hati)😕.

 “Bang, beli yang udah jadi aja deh. Yang itu gak jadi”..

“Yah, udah di serut neng.”

Hemmm, “Ya udah bang beli semua nya, kelapa serut dan santan jadi”. 

Akhirnya dapet harga 5 ribu untuk serut kelapa dan santan yang udah jadi. Fyi lagi tadinya serut kelapa (Rp 3.000) dan Santan jadi (Rp 3.000), Aku coba nawar lagi jadilah dapet harga Rp 5.000 (untuk 2 items) 😃😃

Tapi aku gak nyesel, karena si serut kelapa atau ampas kelapa bisa aku manfaatin buat campuran masakan lainnya. Sekarang giliran gula nih, udah muter-muter nyariin. Tapi belum ada yang jual gula merah loh yah. Sampai aku kepikiran “Ya udahlah, kayaknya satu gula cukup. Di kos kayaknya masih sisa satu.”

Tapi dari situ, aku tetep usaha nyari di warung klontong deket kos. Dan Alhamdulillah… ketemu juga dengan harga 3 Buletan gula merah Rp 4.500.

Berikut aku coba list harga bahan pokok buat bikin Es Cincau :

 

Bahan :

-      - Daun cincau (secukupnya) 

-      - Gula merah 3 buletan (Rp 4.500)

-     -  Santan + ampas kelapa (Rp 5.000)

-    -   Es Batu (secukupnya)

 Jual Daun cincau Hijau Segar 500gr / bukan cincau rambat bulu ...Jual Gula Merah Kelapa - Kab. Purworejo - AgroMina Mart | Tokopedia5 Rekomendasi Santan Instan untuk Membuat Masakan | Popmama.comYa Ampun! Online Shop Ini Jual Es Batu Harga Rp 500

Karena daun cincau dikasih Ibu, dan ada es batu di kulkas jadi bisa diakumulasi bahan untuk membuat es cincau hanya perlu modal kurang dari Rp 10.000.

So, jadi kapan kamu mau coba???? Murah meriah kan. 😘😘J

Cara menyajikan :
Untuk menyajikan es cincau ini yang aku lakuin dari awal sampai siap dihidangkan adalah :

-      > Cuci daun cincau lalu masukan ke wadah yang besar

-      > Campur air secukupnya lalu remas daun cincau sampai daunnya halus dan air berubah ijo (kental). NB : Air mateng loh yah heheh

-    >  Lalu saring air remasan daun cincau pakai saringan kecil, biar daun-daun yang kecil gak ngikut kemakan hehhe😁😁

-      > Lalu diamkan air yang tadi disaring ke wadah lainnya.

-      > Sembari nunggu cincau jadi,

-      > Masak santan yang sudah disaring ulang ke wajan.

-      > Tunggu sampai mendidik dan tuang ke wadah khusus

-      > Lalu masak juga gula merah yang sudah di iris tipis

-      > Tunggu sampai mendidih juga dan masukan ke wadah berbeda

-      > Setelah jadi semuanya barulah, cincau di iris (pake pisau atau sendok)

-      > Campurin santan dan gula merah secupunya

-      Terakhir jangan lupa, tambahin es batu

-      Es Cincau siap di santap bareng temen-temen J💗💗





Terimakasih sudah belajar hari ini. Semoga yang pagi tadi dititipin cincau, gak ngeluh soal rasa yah, karena prosesnya lebih effort tinggi daripada rasanya 😊😊

Posting Komentar

0 Komentar