Darwis Indra Permana, Anak PADEMANGAN Peonja !!!


Bismillahhirrahmanirrahim


Assalamu’alaikum Warahmatulahi Wabaraktuh,

Selamat malam teman-teman blogger yang mungkin saat ini sedang membaca tulisan  gua tentang seorang “Sahabat Ngampus” yang juga sedang menjalani masa perkuliahan bareng  sama gua dan temen-temen lainnya. Perbedaan waktu baca blog tentang artikel ini bukan masalah kan ? mungkin ada yang siang baca-nya, ada yang pagi baca-nya, ada yang sore, pun ada yang larut malam setengah pagi menjelang buta alias ‘pagi buta’ heheh. Yang penting dibaca sambil minum kopi gapapa 😋

Ok gaes, terimakasih yang sudah menyempatkan sepasang mata serasi kalian untuk mampir dan ngeroll baris-baris yang gua tulis disini. Setidaknya, kurang lebih 1 menitan kedepan buat kalian selesain artikel ini, dan jika kalian sudah membacanya......Itu KEREN !!!! 🙆🙆

Alhamdulillah, kali ini dan setelah gua hampir berminggu-minggu gak continue-in deskripsian “Sahabat Ngampus”, 
just for you, gua bakalan kasih gambaran singkat, 
sesingkat-sesingkat-nya dalam tempo se dulu-dulunya kenal hehhe 😅😅

Temen gua yang satu ini tidak lain dan tidak asing di lingkungan sekitaran planet kampus, deket warung, deket parkiran, deket pertigaan, deket tempat-tempat ngumpul, deket teras, dan deket-deket lainnya dah. 

Doi adalah “DARWIS INDRA PERMANA”.


Seorang mahasiswa yang  bisa ditilik dari akun instagram @bangdarwis dan jago banget kasih petunjuk, -------- >>  PETUNJUK APA TUH ??
Penasaran kan PETUNJUK apa???🙌🙌🙌🙌🙌
Jadi doi ini ahli pe-metaan jalan dan lokasi seluruh Jabodetabek

GAK PERCAYA ??

Coba aja tanya ke doi, gak ada yang gak tau area JABODETABEK.

Buat temen-temen yang nyasar, yang salah jalan (eh sama aja yah 😆) , bisa tuh tanya ke Darwis. Pokoknya, bidang ilmu pemetaan doi punya, ilmu pertemanan doi punya, ilmu nongkrongan doi punya, ilmu buka lapak obrolan doi punya juga. Mungkin ilmu kekebalan dari serangan monster ala ultramilk, eh ultramen yang doi belum punya, EHH jangan deh Wis, ini rada negri eh ngeri maksudnya. Nanti, bisa melengkung  tuh besi, baja dan kawan-kawannya. Cukup jadi petunjuk arah aja, jangan sampai kita dikasih unjuk kepada jalan yang sesat, yang ada nanti kita ilang arah. Hehehh😔😀😀
Hiya hiya hiya

Sekilas Darwis berbeda dengan temen-temen lainnya.
\
BEDANYA???
\
Ya beda lah, doi ini kan gak punya kembaran di kelas, mana ada yang sama. Tapi, masalah makan merata dan merakyat si gaes. Sama-sama makan nasi, makan ikan barangkali, makan sayur mayur bisa jadi, gak tau kalau hati suka apa nggak. Kalau diperjelas dan dipertegas lagi, gak tau kalau doi suka makan hati atau nggak !!! Bercanda Wis. Jangan di ambil hati yah 😅😅🙏🙏
OK bOSQyu

Darwis ini, biasa dipanggil “Bewok, Bang Bewok, Bang Darwis, Abang aja tanpa Tanah 😳😳”.   
Tapi temen-temen sejolinya, sepergaulannya lebih femes manggil “WOK”, 
kalau gua lebih sering panggil “WIS”. Emang nih orang kaya daftar pencarian Orang alias DPO, nama panggilannya banyak banget. 
Ehhh, tapi kalian tau, kenapa si Darwis ini dipanggil dengan sebutan “Bewok”?
 
---“Paling, karena banyak bewoknya,apa lagi coba?”  
 Ya kan yak an ya kan. Udah iyah aja sih 😤😤
 
Masih gua liatin jawabnnya !!!
Yaesss, bener banget gaes, doi ini punya seni per-Bewokan, yah apalagi nih gua ngomong. Pokoknya itu deh, area-area mukanya ada bewok-bewok an. Persis kaya jalanan yang doi lewatin, juga ada bewokan-bewokannya.  

HUST, NGAWUR KOE !!! itu Belokan-belokan !!!  Eh iyah itu maksudnya. 😋😋

Doi juga sering manggil gua dengan sebutan “MBA”, gak tau kenapa barangkali karena factor U hehe 😂😂. But, asal sopan santun, ramah tamah, ggemah, ripah loh jinawi aja. 
Doi juga sering juga manggil temen-temen di kelas dengan sebutan “LER”, gak tau apa-apa deh gua tentang sebutan ini wkwkkw.

Bagian 1
#

Jadi, awal gua kenal doi, seinget gua pas di kelas D201, lantai 2 gedung kampus baru, kelas sebelah kiri tangga, deket ruang kaprodi fikom, cat putih, jam dinding satu, jendela 4, apa dah mulai gak penting di omong-omongin nih wkwkkw.

Iyah, jadi awal masuk perkuliahan semester 1 tahun 2017, di kelas tersakral dalam ingatan. Apalagi kalau bukan D201. Disini, ada sesi perkenalan, inget betul waktu itu di isi dosen wali namanya Ibu Sri. Kita gak bakal bahas dosennya ya gaes, focus ke si Darwis-nya. Lebih suka nyeritain temen si dari pada dosen. (Note : Yang buruk-buruk tentang dosen, takut jaminan nilai runtuh, ancur, berantakan, Ambyarrr wkwkkw Just Kidding banget aseli).

Waktu itu, semua maba (sebutan buat ‘mahasiswa baru’) wajib saling kenal dan mengenalkan diri. Nah, si Darwis ini, sedari awal berdiri terus perkenalan itu, aura bintang-nya keluar. 
Ce ileh BINTANG (tiba-tiba terdengar buyi petasan, dan siulan di udara) MAKSAIN BANGET NIH kebayanginnya !!! wkkwk 😂

Intinya, doi udah gagah banget tuh perkenalannya, sosoknya yang suka ngomong, doyan banyol, hobby ngeselin orang, teriak-teriak kaya orator ini emang khas banget. Gak ada doi di kelas, kaya gak ada pembela dan pemadam api kebakaran jenggot antar pertemanan. 

Darwis ini, emang actionnya tinggi, biarpun ngomongnya banyak, tapi tindakannya juga NYATA, BERSIH & DAPAT DIANDALKAN. 
Jadi  jangan lupa pilih nomor… 1 ,2,3 ah pokoknya SESUKA ANDA. Gua seolah-olah lagi promosiin pencalonan doi ini mah wkwkw. 😄😄



Balik lagi, doi yang ambil jurusan sIstem informasi, tapi menurut gua  talent nya mengarah ke bidang marketing dah, soalnya cara ngomongnya komunikasif dan teratur, yah walaupun kadang suka dibumbui ketawa yang ngelantur tapi tetep aja doanya yang mujur-mujur 🙌🙌🙌🙌. 

Darwis, sejauh dan sepanjang yang gua kenal hampir semester 5 ini,
CIEH UDAH SEMESTER 5 ternyata kamu, WIS !!!  
Congrats yah bang Bewok. Mudah-mudahan sampai finish.Aamiin

Bagian 2
#
Sejadi gua bertemen sama doi, ada beberapa hal yang patut di two thump-an nih gaes. Menurut gua doi ini orangnya kalau udah A, ya A, kalau udah gak suka sama orang ya langung bilang, kalau ada yang gak cocok, ya lurusin. Kalau lagi pusing suka mentingin orang lain. Apalagi kalau udah nolong temen, itu NIAT nya, gak bisa dibatalin. 
Kalau udah bilang “IYA”, mau di batalin kayagimanapun juga, tetep gak bisa. 
KUDU, HARUS, POKOK, WAJIB HUKUMNYA di jalankan

Kadang gua juga heran, niat baiknya yang udah di “iyakan” suka kelewatan. Tapi, gapapa, itu bagian dari amal ya Wis, mudah-mudahan nanti diganti dengan yang lebih baik lagi. Aamiin.
  
asiyappp

Darwis juga suka nonton bola, JAKMANIA  banget kayaknya. Bisa dilihat kalau ada tiket PERSIJA langsung nyamber, terus kalau foto juga nujukin banget. Anak Persija Jakartanya Pademangan ini.

Persija


Nah, ceritanya waktu itu pas mata kuliah ‘Database’, semester 1 kalau salah (berarti bener !).  
Pak Syahrianto ngasih tugas Database sampai deadline jam 12 malem. Aduh, sport jantung di semester awal itu gimana sih menurut kalian?
Masa peralihan siswa , kerja plus mahasiswa jadi rada deg-degan, belum lagi waktu belajar malam dan tidur yang serba kurang. RISKO !!! 
Iyah ngerti, udah dipikirin mateng-mateng kok, cuman lagi pengin ngungkapin aja, lewatin aja yang “katanya” seru buat dijalanin timbang di-utara-in apalagi di-selatan-in 😆. 

Beberapa temen gua yang lainnya juga sama, ngerasain hal serupa, dan akhirnya gua mutusin buat ngerjain tugas  di kampus sampai selesai. Berharap, dengan kerja kelompok, bisa terbantu temen, saling meringankan atau setidaknya nyontek jawaban EHHH 😂😂hehhe. Tapi, ternyata udah lewat batas, gua dan temen-temen gak bisa selesain, dan ternyatanya lagi jam udah pukul setengah 1 pagi (00:30 WIB). Itu kali pertama gua pulang selarut pagi, dan mana ada transportasi umum jam segitu. Kereta pun dah gak beroperasi. Akhirnya, si Darwis yang nganterin gua, Alhamdulillah banget waktu itu, dapet temen sebaik doi. Gak pamrihan sama temen, gak itung-itungan sama jasa. 

yoi,,
 Bagian 3
#

Pernah juga kejadian yang agak sedikit bikin gua pengin minta tolong kepolisian sih. Waduh itu gimana yah kalau beneran gua gak tau jalan. Jadi gini, hari minggu atau hari apa gitu gua lupa juga, ada kajian di bilangan Jakarta Timur. Tepatnya di masjid At-Tiin. Masjid yang pertama kali gua kunjungi tahun 2011, bisa gua singgah lagi di tahun 2018. 


Pagi-pagi, si Darwis mau ikut kajian juga. Karena se-arah, akhirnya gua nebeng doi. Terus selama perjalanan, dan emang udah biasa, doi ngajak ngobrol terus. Bikin gua gak kehabisan omongan sih, jadi gak gabut hehe. Seru juga bisa bahas ini-itu, sepanjang perjalanan. Jadi kaya ngobrol sambil jalan yang mampirnya kebisingan klakson dan knalpot kanan kiri jalan gak perlu di bawa perasaan.
Gimana nekadnya si Darwis naik pesawat sendiri, terus kebingan sendiri terus tidur di masjid daerah sana sendiri, terus balik sendiri, terus dicariin terus dan terus sampai sini aja kalau masalah ini. Crowded banget soalnya. 😆
 Selama ngobrol ini itu, akhirnya kita sampai di lokasi. Sekilas gua nostalgiaan lagi sama masjid ini.


google.com

Masih sama, gak ada yang berubah. Mungkin sederet tanaman aja yang gak beda. Disana udah banyak banget orang yang dateng, bejibun dah. Terus Darwis, markirin motor. Sambil jalan dari parkiran ke pintu masjid, gua juga ngapalin tempatnya, biar nanti pas ke parkiran lagi gak bingung. Tapi emang dasar guanya yang paham-pahamin banget, makanya kejadian kan. 
KEJADIAN APA !!!!???

Gua 2 jam muterin pelataran masjid huhu. Bukan ilang sembarang ilang jalan pulang, tapi gua lupa jalan pulang ke arah parkiran. Mana luas banget,  mana patokan arah sama semua, dan parahnya gua gak tanya tadi parkiran pintu barat, timur, selatan apa utara. Gua keder, gak tau arah juga wkwkkw. 

Namanya kajian, antara kaum adam dan hawa kan dipisah, jadi kata si Darwis,
“Mbak nanti WA atau telephon aja yah kalau udah keluar masjid. Nanti ketemu di parkiran yang tadi”
Gua jawab aja “OK Wis.” 

Gua janjian ketemu sama mba Nisa disana. Karena kajian udah selesai, akhirnya gua pamitan sama mba Nisa, setelah setengah jam-an  ngobrol. Gua coba hubungin si Darwis. Tapi di whats app ceklis satu. Terus di telephone gak bisa. Mba Nisa sampai nemenin gua, dan sampai pesenan grab nya dateng, tapi HP si Darwis gak bisa di kontek juga. Akhirnya mba Nisa izin pulang duluan, karena udah jam setengah 5. Gua yang dari tadi coba hubungin Darwis gak nemu jawaban.

Ya udah, gua paksain ke parkiran aja dulu, tapi gak tau parkiran arah mana…
Gua lupa tadi parkiran dari arah mana, waduh….
Gua muter-muter-in masjid, sampe 5 kali.  Gak nemu petunjuk juga. Gua takut salah arah parkiran, nanti yang ada si Darwis nungguin. Tapi gimana, gua gak tau Doi dimana juga. Sampai muter-muter, tiba-tiba ujan gede tuh. Udah gak bisa di hubungi, signal tambah eror. Gua hopless banget. Gua udah mikir mau nginep di tempatnya mba Nisa, kalau sampe jam 7 malem masih gak nemuin si Darwis. 

Kenapa gua gak naik grab aja, atau nyambung kereta. Tadinya gua juga penginnya kaya gitu. Tapi ternyata, gua bawa uang pas-pasan banget. Lupa gak bawa kartu kereta, gak bawa ATM. Ini gimana nasib gua, pokoknya gua udah panik. Buat mikir aja, itu ujan sampe reda loh. Dan azan magrib sampe bergema. Alhasil, gua mutusin buat shalat maghrib dulu disana, sapa tau nanti bisa nemu petunjuk. Gara-gara nyasar di masjid, gua ampe shalat gak konsen, dan bener aja. Pas shalat baru deh, gua inget..Parahhh  emang,..


Akhirnya gua bergegas ke jalan yang gua inget tadi, ada tanamanapa gitu namanya yang mengapit jalan, terus lurus, kalau ada tangga , naik aja. Nah, bener kan.. gua papasan si Darwis di tangga. Gua ampe ngomel-ngomel, ngeluarin unek-unek kepanikan. Doi ketawa ngakak aja. Doi juga nyariin gua, HP nya mati, dan baru mau pinjem pas maghrib tadi. Katanya mau tak ubek-ubek tuh masjid, kalau sampe malam gak nongnol-nongol guanya, emang area parkirannya gelap banget kaya goa, lampu nya rusak kali itu wkwkkw. Aseli itu parah banget, gua gak lagi-lagi jalan jauh, gak bawa persiapan. Bisa ilang, tinggal di Jakarta tapi ilang di Jakarta pula. Kan gak lucu huhu

Itu, jadi cerita paling ngeselin  juga jadi pelajaran  buat gua. Tapi, emang dasarnya si Darwis ini orangnya Santuy, jadi apa-apa gak BARBAR. Gak kaya perempuan kalau apa-apa panikan😏😏😏. But terimakasih banyak Wis, dah mau direpotin gua. Semoga Allah membalas dengan yang lebih baik.

Bagian 4

Di beberapa event, Darwis juga ikutan gabung sama temen-temen yang lain. Kaya Workshop di Universitas Trilogi, Seminar di Universitas Bhayangkara




jalan-jalan ke Curug Cilember,









Nonton film ‘Yo Wis Ben’, Terus ngerjain tugas Bahasa Indonesia di Indomaret point, ngerjain program di base camp ESDM Cikini dan paling barunya ikut refting di Bogor.
Dan berikut dokumentasi seneng-yang gak pura-pura 😂😂😂

lenyap masalah


Pernah juga bantu ngirimin paketan ke tempat dosen, padahal kata doesnnya gak usah. Soalnya jauh dari tempat Doi ke rumah dosennya. Tapi ya gitu, udah bilang “Iya”, terus aja doi semaunya, pagi-pagi betul abis subuh , doi langsung ambil paketan di tempat gua buat dikirim ke dosennya. Mana baik banget lagi gak mau tanda tangan, cuman terimakasih aja udah. Terimakasih banyak untuk bantuannya yah Wis. Murah rezeki selalu Aamiin.

Doi seru buat di ajak kemana-mana dan aktif orangnya. Cuman kadang-kadang aja rusuh kalau tanya jawab  di kelas. Doi ini juga solid banget sama Bang Danu dan Mas Andiek, ah sepertinya mase ini belum aku deskripsiin yah. Ok next ya mas Andik.. ditunggu…InsyaAllah

Nah, jadi itu deskripsi gua tentang sosok bang Bewok, sosok yang seru, yang ada aja obrolan buat dibahas, yang gak pedulian sama hambatan, yang juga sering kerja keras bagai kuda hehe, yang gak pandang bulu mata buat nolongin temennya, yang juga gak peritungan kalau ngasih bantuan. Pertahanin bang, biar banyak yang kebantu heheh.

 Mohon maaf kalau ada salah kata yah Wis, sukses dan jaya selalu.....MAKIN TINGGI JAM TERBANNYA 😅😅😅


Jakarta, 21 September 2019
22:31 WIB



Lilis Setiani

Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan